Cara Mengembalikan Kode CNAME Yang Hilang Saat Costum Domain


Masalah yang mungkin umum dialami para blogger saat mengganti domain blogspot ke costum domain (TLD) adalah kehilangan kode cname (Code setting DNS costum domain), ini biasa-nya terjadi pada blogger yang ingin ganti domain tld yang baru atau memang suka gonta ganti domain. Karena lupa mencatat hilang-lah tu kode cname dan tidak bisa meng-konfigurasi blogspot ke DNS zone domain TLD.

Jika kamu adalah salah satunya yang mengalami kehilangan kode CNAME itu, maka jangan panik karena saya akan menjelaskan cara mengembalikan kode cname yang hilang dengan dua metode yang paling mudah dan insya allah berhasil 100%.

"Ah..., Masa iya tau sedangkan blog nya masih pakai sub domain blogspot.com". iya memang saya masih pakai sub domain, tapi bukan karena saya tidak paham melainkan karena saya tidak punya kartu credit saja, maklum saya cuma tukang listrik.

Oke kita lanjutkan pembahasan mengenai kode CNAME yang hilang sehingga tidak bisa meng-konfigurasi blogspot ke DNS zone domain TLD. Sebelum-nya saya ingatkan bahwa cara setting DNS semua layanan domain tld itu sama saja, baik itu GoDaddy, PANDI, Freenom dan layanan penyedia domain lainnya cara setting DNS nya sama saja tidak ada yang berbeda, Maka langsung saja ke langkah yang selanjut nya dan mendapatkan kembali kode CNAME yang hilang.




Perhatikan ke-empat kode cname pada gambar di atas, kode yang saya tandai dengan kotak biru, saya enggak tau nama-nya tapi kode tersebut sama ssja pada setiap akun blogger manapun. Pada setting DNS domain, dibagian CNAME kita memasukan host www yang di targetkan ke ghs.google.com.

Dan kode yang saya beri kotak warna merah berbeda pada setiap akun blogger, nah untuk mendapatkan kode yang berwarna tersebut ikuti petunjuk selanjut-nya.



1. Login ke blogger kamu dan pilih setting (pengaturan) dasar
2.Kemudian Tambahkan URL pihak ketiga, yaitu domain tld milik kamu.
3.Perhatikan Contoh Gambar di Bawah Ini.


                                                         Login Blogger > Pengaturan > Dasar

                                      Masukan URL Pihak Ketiga (Domain TLD) Kemudian Save


Nah pada tahap itu kode CNAME belum muncul atau kembali, maka untuk mengembalikan kode cname nya masuk ke dashboard domain kamu, GoDaddy, PANDI atau Freenom sama saja. Setelah login ke dashboard penyedia domain tld, langsung ke manager setting DNS domain dan tambahkan kode CNAME yang berwana biru seperti yang saya sebut diatas yaitu host www yang di targetkan ke ghs.google.com. kemudian save (simpan), lihat contoh gambar dibawah ini.


                                Masukan Host www  yang di pointkan ke ghs.google.com dan save

Nah, pada tahapan ini semua kode CNAME kamu sudah kembali sepenuh nya, lihat dashboard blogger dan coba refresh (muat ualang) maka semua kode cname yang hilang sudah kembali sepenuhnya. Jika saya benar maka tugas saya selesai dan silahkan setting DNS domain kamu dan saya lanjutkan metode berikut nya.

Cara Kedua Mengembalikan Kode CNAME Blogger Yang Hilang

2. Pilih Domain TLD kamu pada daftar yang tersedia
3. Pada bagian DNS CNAME record klick Details
4. Nah semua kode cname yang hilang akan ditampilkan, tapi mungkin kode tersebut akan menyatu       tanpa spasi.




Gimana mudah bukan?, Terima kasih sudah berkunjung,, . semoga bermanfaat ya,, 

0 Response to "Cara Mengembalikan Kode CNAME Yang Hilang Saat Costum Domain"

Posting Komentar