Fitur android oreo 8.0 yang wajib anda ketahui

Nah kali ini kita akan membahas fitur-fitur yang ada android versi oreo atau dengan kode android 8.0 ini, menarik memang untuk dibahas fitur apa saja yang telah di usung android versi oreo ini, menggingat bahwa android oreo merupakan android paling tinggi dikastanya saat ini, jadi bagi Nah salah satunya adalah tentu fitur yang tersembunyi pada android oreo juga akan kita bahas juga disni, jadi jika kita paham fitur yang ada di android oreo sudah di pastikan kita akan memaksimalkann penggunaan android oreo ini sebab kasian google dong sudah update maksimal tapi ternyata pengguna kurang paham fitur apa saja yang terdapat pada androidnya, nah tanpa basa basi, yok kita mulai saja artikel ini.

File manager android oreo

Nah ini yang seru, desain file manager android oreo sudah dirubah, dan navigasi ke file-file lebih mudah dan gampang, jadi menurut kami fitur dari file manager yang diabawa android oreo ini memudahkan kita dan tentu kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi file manager dari pihak ketiga.
ini file manager android oreo
ini file manager android oreo

Snooze Individual Notifications

Fitur apa ini ? nah ini yang dimaksud fitur snooze individual notifications pada android oreo adalah, dimana kita bisa mengulang notifikasi itu untuk 15 menit, 30 menit atau 1 jam, fungsinya misal gini, kamu lagi sibuk, lalu muncul pesan, nah kamu belum sempat membalas pesan tersebut maka agar tidak lupa bahwa kamu mempunyai pesan, maka notifikasinya akan di ulang sesuai dengan settingan kita untuk di ulang dalam beberapa menit, paham kan?
Cara untuk snooze individual notifications juga cukup mudah kok, tinggal slide atau tarik kebawah saja notifikasi tersebut lalu nati akan muncul pilihan buat mengatur untuk beberapa menit lagi notifikasi tersebut.
Snooze Individual Notifications android oreo
Snooze Individual Notifications android oreo

Fitur Android Oreo Fingerprint Scanner Gestures

Bingung ini fitur apa? nah fitur ini sebenarnya jos banget menurut kami karena memudahkan bagi pengguna untuk mengoprasikan smartphonenya. ya sebab dengna fitur ini kita bisa melakukan berbagai tugas smartphone dengan menggunakan finger print sensor, misal kita bisa membuka kamera dengan menggesekan jari kita ke atas pada sensor sidik jari, atau kita bisa scroll browser menggunakan finger print scanner tanpa menggunakan layar, seru kan ? dan juga pada appnya kita bisa mengatur, misal untuk geser ke atas di gunakan untuk apa, kesamping kanan untuk apa, kesamping kiri untuk apa, kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan kita.
Fingerprint Scanner Gestures android oreo
Fingerprint Scanner Gestures android oreo

Fitur Android Oreo Turn on Wi-Fi Automatically atau wi-fi hidup otomatis

Nah ini juga salah satu yang seru pada fitur android oreo, dimana android oreo bisa menghidupkan wi-fi secara otomatis, jadi misal seperti ini, kita biasa menggunakan wi-fi dirumah, lalu ketika kita pergi diluar rumah, kita mematikan wi-fi kita agar mengehmat baterai, sebab jika terus hidup, wi-fi akan terus melakukan scan sekliling dan ini akan membuat baterai cepat habis, maka kita harus mematikannya, dan ketika kita kembali kerumah, otomatis android oreo akan mendeteksi tempat tersebut dan wi-fi otomatis akan hidup. Dan cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah dengan masuk ke Network & Internet lalu Wi-Fi setelah itu masuk ke Wi-Fi preferences. setelah itu pilih Turn on Wi-Fi automatically, maka setelah settingan ini berjalan, wifi akan kembali hidup ditempat dimana kita bisa mengkases wifi.

Fitur Android Oreo Picture-in-Picture Mode

Fitur ini sih mungkin fungsinya tidak berbeda jauh dengan split screen ya, bedanya fitur ini untuk video. Nah maksud dari fitur picture-in-picture ini adalah, ketika kita memutar sebuah video, maka layar video ini akan melayang dan kita bisa melakukan aktivitas lainnya, jadi membuka memutar youtube bisa dengan melakukan browsing, chatting dan lain-lain tapa harus youtubenya berhenti. Kita juga bisa mengganti letak dari layar video kita di sebelah mana agar ketika kita melakukan aktifitas lain, layar tidak mengganggu.
Picture-in-Picture Mode fitur android oreo
Picture-in-Picture Mode fitur android oreo

Adaptive Icons

Nah fitur ini kita bisa mengganti bentuk icon kita sesuai keinginan kita,mau bulat, persegi atau sesuai dengan settingan. Nah untuk mengganti icon pada android oreo kita, kita tinggal menekan agak lama di home screen, lalu akan muncul settings, klik settings dan setelah itu Change icon shape. Setelah itu disana nanti akan ada piliha, dan kita tinggal memilih saja bentuk yang kita inginkan untuk icon kita
Adaptive Icons fitur android oreo
Adaptive Icons fitur android oreo

Waktu booting yang cepat

Andorid oreo juga menjanjikan waktu boot yang cepat, jadi ketika kita restart smartphone kita, android oreo akan melakukan loading dengan cepat sampai smartphone kita benar-benar nyala kembali.

Restricted background activities

Nah fitur ini berguna untuk melakukan limit pada background atau latar belakang, jadi dengan fitur ini, aplikasi yang tidak di gunakan akan berhenti otomatis, sehingga otomatis akan menghemat baterai dan juga akan mempercepat kinerja dari smartphone kita.

Fitur android O 8.0 AutoFill

Seperti  namanya, autofill, jadi ketika kita masuk akun media sosial dan sebagainya, kita tidak perlu mengetik lagu password dan usernamenya setelah kita pernah melakukan login, fitur ini juga ada pada google chrome dan sekarang google membawanya pada android oreo. Jadi dengan ini kita di praktiskan ketika kita logout akun-akun kita.

Notifikasi pada icon

Ya ini juga bisa di sebut Titik notifikasi, Notification dot, Notification Badges jadi fungsi dari fitur ini adalah, ketika ada notifikasi yang terlewatkan oleh kita, maka aplikasi akan memunculkan sebuah titik yang berarti kita belum membaca notifikasi tersebut, dan ini akan sangat berguna bagi kita yang sering melewatan notifikasi, jadi gini, misal kita lupa membawa whatsapp, bbm, line atau yang lainnya, maka nanti icon dari app tersebut akan memunculkan titik notifikasi.
Notification dot or Notification Badges android oreo
Notification dot or Notification Badges android oreo

Notification Channels android oreo

Fungsi dari fitur ini adalah notifikasinya bisa kita atur sedemikian rupa sehingga kita bisa mengkategorikan notifikasi, misal pada gmail kita bisa mengkategorikan untuk notifikasi pada inbox, personal atau pekerjaan, disni kita juga bisa mengontrol prioritas sebuah notifikasi pada suatu aplikasi dan juga kita bisa melakukan mute notifikasi ketika kita sedang tidur atau sedang sibuk.

Smart Text Selection

Copy paste dengan fitur ini menjadi lebih mudah dan gampang, karena android oreo akan otomatis mendeteksi kata yang kemungkinan akan kita copas, misal kita akan mengcopas nomor hp, maka otomatis hanya dengan mengklik dan menahan otomatis smartphone akan menselect semua bagian nomor hp tersebut, begitu juga dengan alamat rumah dan lainnya. selain pilihan copy juga ada pilihan misal nomor hp, kita ada pilihan untuk melakukan telfon, dan untuk alamat kia ada pilihan untuk mencari alamat tersebut pada google map
Smart text selection android 8
Smart text selection android 8
Smart text selection android oreo
Smart text selection android oreo

Wi-Fi Aware

Fitur wifi aware pada android o ini juga disebut sebagai Neighborhood Aware Networking (NAN). nah fungsi dari fitur wifi ini adalah, ketika dua perangkat mempunyai NAN, maka kedua perangkat ini akan saling menemukan dan bisa mengakses data dengan cepat. Jadi fungsinya hampir sama sama kaya shareit, cuma dengan fitur ini kita tidak perlu mendownload dan installa plikasi pihaka ke tiga, karena sudah tersedia dalam perangkat android oreo itu sendiri.

Wider Color Gamut pada aplikasi

Fungsi fitur ini sangat berguna untuk kalian yang hobii fotografi, karena fitur ini berguna untuk melihat hasil akhir, karena terkadang warna di dalam smartphone dan ketika sudah di print akan berbeda, jadi fitur ini berfungsi untuk melihat bagaimana warna ketika setelah di cetak, yang jadi permasalahan adalah, banyak smartphone yang mendukung wider color gamut, tapi jarang sekali app atau aplikasi yang mendukung ini, jadi android oreo hadir dengan fitur ini.

Emoji baru

Banyak emoji baru yang di berikan di android oreo, ya memang emojii merupakan bentuk expresi dari sebuah keadaan ketika melakukan percakapan, dan android oreo memberi kita pilihan expresi yang lebih banyak.
Nah demikian artikel kami tentang fitur andorid oreo 8.0, dan seiring berjalananya waktu, tentu kami akan melakukan update fitur-fitur terbaru tentang android oreo ini, jadi teman-teman saya harap untuk selalu memantau artikel ini dengan mengelike fanspage facebook kami.
Dan jangan lupa jika ada yang ingin di tanyakan atau ingin berparitisipasi silahkann corat caret pada kolom komentar, partisipasi teman-teman adalah suatu kesenangan bagi kami pengurus anaksantai
#terima kasih sudah berkunjung
#semoga bermanfaat

0 Response to "Fitur android oreo 8.0 yang wajib anda ketahui"

Posting Komentar